Breaking News

Tim PHP2D Unja Didampingi Pendamping Desa Tinjau Usaha Perternakan di Kumpeh Ulu

Tim PHP2D Unja didampingi Pendamping Desa Meninjau Usaha Ternak ayam


MEDIA ROTASI, MUARO JAMBI - Tim Progam Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) meninjau dan memantau Perkembangan "Usaha Ternak Ayam Kampung" di Desa Solok Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Sabtu , (13/11/2021)

PHP2D adalah program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan misi antara lain menerapkan karakter positif, empatik, peduli, ulet, kreatif, bertanggung jawab melalui organisasi mahasiswa; menemukan atau mengembangkan potensi desa untuk pembinaan dan pemberdayaan masyarakat; serta mengembangkan kegiatan kemahasiswaan di desa yang dapat direkomendasikan sebagai konversi mata kuliah. 

Mesin Penetas Telur

Melalui organisasi yang diikuti, mahasiswa dapat mendaftarkan proposal untuk diseleksi melalui beberapa tahap sebelum pengumuman pemenang. Tahun 2021 ini salah satu Kelompok Studi Pasar Modal( KSPM ) Universitas Jambi lolos seleksi dalam Program PHP2D Kemendikbud RI dengan Usaha Ternak Ayam Kampung yang akan di laksanakan di Desa Solok Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi.

Sebelumnya Tim PHP2D sudah melaksanakan sosialisasi, koordinasi, penguatan dan pembekalan terkait pengembangan Usaha Ternak Ayam Kampung kepada Kelompok Pemuda & Masyarakat yang mengelola Usaha yang akan di laksanakan serta juga sudah kerjasama atau gotong royong membuat kandang Ayam dan menyediakan sarana dan prasaran fasilitas lainnya.

Untuk eksekusinya dalam pelaksanaan Program PHP2D ini memberikan bantuan  dengan jumlah total 42 ayam, indukan 36 : 5 ekor jantan dan 31 ekor betina serta ayam kecil usia 3 minggu : 6 ekor.

Ridho Prastio Selaku Ketua Tim PHP2D saat di temui harapan saya, semoga program ini kedepannya dapat diteruskan pengembangannya oleh kelompok pengurus serta didukung oleh semua pihak terutama pemerintah desa, supaya kebermanfaatan program ini dapat dirasakan secara menyeluruh oleh masyarakat solok.

"Yang akan di kelola dan di kembangkan oleh Pengurus Masyarakat Desa setempat dengan di dampingi Tim PHP2D Mahasiswa Kelompok Studi Pasar Modal ( KSPM) Universitas Jambi." Ungkapnya.

Khairul Muas sebagai Pendamping Desa Kecamatan Kumpeh Ulu mengatakan melalui adanya program ini sangat bersyukur dan terbantu serta dapat menumbuhkan rasa peduli mahasiswa untuk berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera". Imbuhnya. (red)

0 Komentar

"/>
"/>

Advertisement

Cari Berita Anda Disini

Close