Breaking News

Pemprov Jambi Usulkan Kolonel Abundjani Sebagai Pahlawan Nasional

Kolonel Abundjani


MEDIA ROTASI, JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Sosial dan Pencatatan Sipil Provinsi Jambi kembali mengusulkan Kolonel Abundjani sebagai pahlawan nasional pada 2023 mendatang.

"Saat ini Pemerintah Provinsi telah membentuk tim pengajuan pahlawan daerah untuk melakukan kajian akademis dan sejarah," kata Kepala Dinas Sosial dan Pencatatan Sipil Provinsi Jambi Arief Munandar, (28/11).

Dijelaskan sebelumnya Kolonel Abundjani telah diajukan sebagai pahlawan nasional, namun belum disetujui oleh pemerintah pusat, sehingga pada saat pengumuman pahlawan nasional pada hari pahlawan 10 November kemarin, Kolonel Abundjani belum ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo sebagai pahlawan nasional.

Arief juga menjelaskan pengajuan nama pejuang Indonesia menjadi pahlawan nasional tidak semudah membalikkan telapak tangan karena untuk mengajukan pahlawan nasional harus memiliki data valid dan jejak perjuangan yang jelas sebagai syarat menjadi pahlawan nasional tersebut membela perjuangan Indonesia tidak di satu provinsi saja.

Sehingga syarat itu menjadi tantangan bagi tim pengajuan pahlawan daerah yang harus mencari data sampai ke provinsi tetangga, sehingga data napak tilas untuk mencari jejak Kolonel Abundjani sampai ke Sumatera Barat juga harus dilakukan.

"Pasalnya provinsi Jambi dahulu masih menjadi bagian dari Sumatera Tengah dan untuk pejuang dari Provinsi Jambi sampai saat ini yang menjadi pahlawan nasional baru ada dua orang yaitu  Raden Mattaher dan  Sulthan Thaha Saifuddin," kata Arief Munandar.

Pihak Pemerintah Provinsi Jambi juga menggelar seminar nasional terkait Kolonel Abunjani yang diharapkan melalui seminar ini dapat menambah data untuk melengkapi biodata Kolonel Abunjani tersebut. (Jef)

0 Komentar

"/>
"/>

Advertisement

Cari Berita Anda Disini

Close