Breaking News

Wagub Sani : MTQ Media Dakwah dan Syiar Keagamaan, Menggugah Semangat Generasi Muda Untuk Mempelajari Al-Qur’an

MEDIA ROTASI, JAMBI - Wakil Gubernur (Wagub) Jambi  Drs. H. Abdullah Sani, M.Pdi mengemukakan, MTQ telah menjadi budaya, media dan ruang dakwah serta syiar keagamaan yang efektif menggugah semangat para generasi muda untuk mempelajari Al-Qur’an. Hal tersebut disampaikan Wagub saat menghadiri Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-53 Tingkat Kabupaten Batanghari, bertempat di Arena Utama MTQ Ke-53, Kelurahan Kembang Paseban, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari, Sabtu, (03/06/2023) Malam. 

MTQ Ke-53 Tingkat Kabupaten Batanghari ini dibuka secara resmi oleh Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief, SE,. 
Pada kesempatan tersebut Wagub Sani sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penuh kegiatan MTQ.

 "Saya sangat apresiasi  kepada pihak yang telah menginisiasi, mendukung, serta berkontribusi dalam penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-53 Tingkat Kabupaten Batanghari Tahun 2023. MTQ telah menjadi budaya, media, dan ruang dakwah serta syiar keagamaan yang efektif untuk menggugah semangat para generasi muda untuk mempelajari Al-Qur’an," ucap Wagub Sani.

Wagub Sani menegaskan, pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota bersama dengan pemangku kepentingan dan pihak terkait, berupaya melaksanakan pembangunan di segala bidang, termasuk pembangunan sumber daya manusia. 

"Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) merupakan salah satu jalan untuk mewujudkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Provinsi Jambi," tegas Wagub Sani.

"Saya berharap kegiatan MTQ tidak hanya menjadi kegiatan seremonial keagamaan semata, namun hakikat, makna dan tujuannya dapat di pegang teguh sehingga dapat meningkatkan perubahan perilaku kepada masyarakat di Provinsi Jambi dan mewujudkan masyarakat yang berpegang teguh pada nilai-nilai agama di kehidupan bermasyarakat dan bernegara," lanjut Wagub Sani.

Dijelaskan Wagub Sani, sebagaimana diketahui, Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi seluruh umat muslim. 

"Dengan menanamkan dan menerapkan nilai-nilai Al-Qur’an di kehidupan kita,  maka insya Allah akan membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, kompetitif dan berkarakter Islami, sebagaimana akhlak Rasulullah," jelas Wagub Sani.

Lebih lanjut Wagub Sani memaparkan, Al-Qur’an juga menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi dan keharmonisan, sekaligus solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa. 

"Dengan mengamalkan Al-Qur’an, semoga kita bisa menciptakan kedamaian antar umat beragama dan menyebarluaskan kebaikan, serta menjadi insan yang dirahmati oleh Allah SWT,” papar Wagub Sani.

"MTQ banyak mencetak generasi Qori/Qori’ah, serta Hafidz/Hafidzah dari berbagai kalangan serta umur, yang berprestasi dan juga membanggakan. Sungguh, saya sangat bangga dengan keberanian, inisiatif, dan kontribusi seluruh peserta yang mengikuti MTQ Ke-53 Tingkat Kabupaten Batanghari. Semoga melalui MTQ ini kita dapat menemukan bibit unggul dari segela generasi yang dapat membumikan Al-Qur’an," sambung Wagub Sani.

Kepada para peserta, Wagub Sani berharap agar tidak hanya mengejar kemenangan, tetapi lebih termotivasi dan berkeinginan kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan. 

“Kepada para peserta tidak hanya mengejar kemenangan, tetapi lebih termotivasi dan berkeinginan kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan Al-Qur’an, baik melalui jalur pendidikan formal maupun non-formal, sehingga MTQ tidak hanya menjadi ajang untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an semata, namun juga mencetak generasi bangsa yang Qur’ani, yang memahami isi kandungan ayat yang dibaca, sehingga diharapkan akan membentuk salah satu ciri SDM unggul yang sesuai dengan nafas Al-Qur’an," harap Wagub Sani.

Diakhir sambutannya, Wagub Sani mendoa’kan semua kafilah dapat mengikuti rangkaian kegiatan dalam MTQ Ke-53 Tingkat Kabupaten Batanghari. 

"Kita do’akan bersama semoga kafilah yang hadir dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan yang akan berlangsung dengan lancar dan sukses serta menjadi catatan amalan ibadah bagi kita semua. Semoga kegiatan ini menjadi sarana bagi kita untuk mempererat ukhuwah Islamiyah, ukhuwah Wathoniyah, dan ukhuwah Insaniyah, yaitu persaudaraan umat Islam, persaudaraan bangsa serta persaudaraan umat manusia," pungkas Wagub Sani.

Sementara itu ditempat yang sama Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief, SE, menyampaikan ucapan ribuan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Batanghari sehingga terlaksananya giat akbar ini.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Batanghari yang telah ikut berpartisipasi dan memberikan dukungan hingga acara ini berjalan lancar dan meriah," kata Bupati Batanghari.

Dikatakan Bupati Batanghari, MTQ ini merupakan momentum untuk peningkatan iman dan taqwa serta pembelajaran bagi semua umat muslim dalam menilai dan memaknai arti Al- Qur’an. 

"Pemerintah Kabupaten Batanghari terus berupaya meningkatkan minat masyarakat dalam membaca aksara Al-Qur’an, dengan mengangkat guru-guru pengajian disekolah-sekolah SD dan SMP, sehingga ditahun berikutnya buta aksara Al-Qur’an bisa diatasi,” ujar Bupati Batanghari. (red/Diskominfo Provinsi Jambi)

0 Komentar

"/>
"/>

Advertisement

Cari Berita Anda Disini

Close