Breaking News

Dr. Hj. Sanatul Latifah, SE, MM Mitra Kerja BKKBN Gelar Sosialisasi Penurunan Stunting


MEDIA ROTASI, KOTA JAMBI - Dr. Hj. Sanatul Latifah, SE, MM anggota komisi IX DPR RI  yang bermitra kerja dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi menggelar sosialisasi Promosi dan KIE Program Percepatan Stunting  di Wilayah Khusus yang dilaksanakan di Kel. Thehok, Kec. Jambi Selatan, Kota Jambi, Provinsi Jambi, 13 Januari 2024.

Seluruh panitia pelaksana melakukan persiapan Gladi Resik agar acara kegiatan siap dan terkoordinasi dan berjalan dengan lancar. Gladi Resik dilakukan sebelum H-1 acara di mulai, dilaksanakan selama 1 hari penuh oleh team panitia pelaksana kegiatan. Di mulai dari kesiapan lokasi kegiatan, pengecekan sound system, pengecekan microphone dan penataan ruangan, Tidak lupa juga panitia pelaksana mengecek seluruh tempat lokasi kegiatan dari barang barang berbahaya, dan mengecek kebersihan dan kelayakan lokasi kegiatan, Setelah semua telah siap dan Beliau mengucapkan Puji dan Syukur dan selamat datang dan terima kasih kepada para tamu undangan dan peserta yang sudah menyempatkan waktunya untuk dapat hadir dalam kegiatan ini. “Semoga kita semua dalam kondisi sehat walafiat sehingga pada pagi yang cerah ini kita bisa hadir di acara Promosi Dan KIEProgramPercepatan Penurunan Stunting Di Wilayah KhususBersama Mitra di Kota Jambi.” Ucapnya

Setelah sambutan oleh Bapak Teuku Cut Panglima Woyla, Acara kemudian dilanjutkan dengan Penyajian Materi yang pertama oleh Bapak Verdianof, SH, MH selaku Kabid ADPIN Kota Jambi.

Bapak Verdianof, SH, MH Kabid ADPIN Kota Jambi dalam materinya beliau mengatakan bahwa penting sekali kegiatan sosialisasi stunting ini untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada Masyarakat agar dapat mencagah kasus stunting di khususnya di Provinsi Jambi. Ia juga menyampaikan idealnya dalam usia pernikahan bagi laki-laki dan Perempuan baik dilakukan dalam usia yang matang.

“Bagaimana kita mencegah kasus stunting, salah satunya menikah minimal umur perempuan 21 tahun dan laki-laki umur 25 tahun karena pada masa itu adalah masa yang matang dan dapat berpikir dewasa. Stunting ini harus kita perhatikan sumbernya dari hulu sampai hilir, Siklus kehidupan inilah yang nantinya mempengaruhi stunting dimulai dari dalam kandungan sampai menginjak lansia. Semua memiliki keterlibatan dan memiliki peran penting, makanya perlu kolaborasi bersama-sama demi terwujudnya generasi yang memiliki daya saing dengan negara lain jika memiliki SDM yang berkualitas”. Ungkapnya.

Setelah penyajian materi oleh Bapak Bapak Verdianof, SH, MH, Kemudian acara dilanjutkan dengan penyajian materi yang kedua oleh Ibu Insyah Yulikah, S.Psi. M.Si selaku Penata KKB Ahli Madya Provinsi Jambi.

bu Insyah Yulikah, S.Psi. M.Si Penata KKB Ahli Madya Provinsi Jambi mengucapkan “Sebagai bangsa semenjak awal menghadirkan secara bersama sama effort kenegaraan keluarga kedepan agar keluarga dinegeri ini, bangsa Indonesia ini menjadi keluarga handal, keluarga yang hadir dalam keharmonisan dan kesejahteraan dan kebahagiaan sekaligus bersamaan, itulah cita cita negeri kita. Mengapa kluarga sangat penting, sebab tidak mungkin ada masyarakat yang baik tanpa dimulai dari keluarga yang baik. Kita berharap masyarakat bisa support terhadap visi dari BKKBN ini, untuk membangun keluarga-keluarga yang berkualitas. Karena keluarga yang berkualitas ini sangat penting sekali perannya, ini sangat berdampak pada keluarga Indonesia, baik dampak terhadap ketahanan sosialnya, ketahanan ekonominya, dan ketahanan pangannya. Nah ketahanan pangan ini sangat penting untuk mencegah terjadinya stunting, supaya gizi anak tetap terjaga”. Ucap Beliau.

Setelah penyajian materi oleh Ibu Insyah Yulikah, S.Psi. M.Si, Kemudian acara dilanjutkan dengan penyajian materi yang ketiga oleh Ibu Dr. Hj, Saniatul Lativa, SE., MM selaku Anggota Komisi IX DPR RI.

Kemudian, Dalam paparannya, Anggota DPR RI, Saniatul  Lativa  mengatakan Kegiatan promosi dan KIE program percepatan penurunan stunting di wailayah khusus merupakan menjadi salah satu Upaya dalam pencegahan dan penurun stunting.

“Sosialisasi ini merupakan Upaya kita untuk mencegah dan menurunkan stunting di Provinsi Jambi khususnya di Provinsi Jambi dengan memberikan pemahaman, informasi dan edukasi kepada Masyarakat mengenai stunting. Apakah Ibu dan Bapak sudah memahami isu yang sangat penting hari ini yaitu tentang cegah dan turunkan stunting, Kita bicara soal syarat penting dalam membangun keluarga berkualitas. Syaratnya adalah membangun keluarga harus dengan perencanaan, minimal Ketika akan menikah, kita menikah pada usia yang aman, pada usia yang ideal, bagi perempuan usia 21 tahun, laki laki 25 tahun” . Ungkap Beliau.

Setelah sajian materi yang disampaikan oleh Ibu Dr. Hj, Saniatul Lativa, SE., MM, Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi Sesi Tanya Jawab dan Evaluasi Sosialisasi dan KIE Melalui Kuis. Setelah Sesi Evaluasi Sosialisasi dan KIE Melalui Kuis, Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama antara seluruh Narasumber, Tamu Undangan dan Peserta kegiatan. (red)


0 Komentar

"/>
"/>

Advertisement

Cari Berita Anda Disini

Close