Breaking News

Ketua DPRD Kota Jambi Putra Absor Hasibuan Pimpin Rapat Paripurna LKPJ Kota Jambi 2023

 

Ketua DPRD Putra Absor Hasibuan saat membuka sidang

MEDIA ROTASI, KOTA JAMBI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jambi menggelar Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Jambi tahun 2023 yang  bertempat di Ruang Swarna Bumi DPRD Kota Jambi, Senin (18/03/24).

Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Putra Absor Hasibuan yang didampingi para wakil ketua serta anggota dewan DPRD Kota Jambi dan Forkopimda, serta OPD dilingkungan Pemerintah Kota Jambi.

Setelah sidang paripurna yang dibuka oleh ketua DPRD, Pj Waljkota Sri Purwaningsih langsung penyampaian LKPJ walikota Jambi tahun 2023.

Dalam penyampaiannya, Pj. Walikota Jambi mengatakan, Capaian Indikator Makro Daerah adalah Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) sepanjang tahun 2023 LPE Kota Jambi mencapai 6,61 persen jauh melampaui pertumbuhan yang ditargetkan yakni 5,40 persen.

“LPE Kota Jambi berada di atas pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi yang sebesar 4,66%, dan juga pertumbuhan Agregat Nasional sebesar 5,05%. Selain pertumbuhan ekonomi, kinerja perekonomian daerah ditunjukkan juga oleh perkembangan inflasi daerah. Pada tahun 2023 inflasi Kota Jambi berada di angka 3,27%, turun di bandingkan inflasi pada Tahun 2022 yang mencapai 6,39%. Terkait kemiskinan, Kita mampu menekan angka kemiskinan ditahun 2023 menjadi 8,24%, atau turun dari angka Tahun 2022 yang sebesar 8,33%,” kata Sri dalam nota pengantar LKPJ.

Pada kesempatan ini juga, Pj Wali Kota Jambi menyampaikan berbagai program kegiatan guna mendukung Pendidikan yang berkualitas, termasuk konsistensi dalam pelaksanaan program unggulan Jambi Cerdas guna mensukseskan program wajib belajar 9 tahun.

“Pada Tahun 2023 anggaran Program Jambi Cerdas mencapai 2,66 Miliar Rupiah yang diperuntukkan bagi 1.734 siswa SD dan SMP dari masyarakat kurang mampu di Kota Jambi,” sebut Sri.

Sedangkan realisasi investasi Kota Jambi, Sri menyampaikan sepanjang Tahun 2023 mencapai 1,358 Triliun, dari target sebesar 523,37 Miliar atau realisasinya mencapai 259%. “Melalui DPMPTSP Kota Jambi, selama 2023 telah menerbitkan 20.717 izin usaha baru. Melalui Online Single Submission (OSS) sebanyak 15.474 izin, dan izin yang diregistrasi sebanyak 2.125, melalui aplikasi SILANCAR telah diterbitkan juga 3.525 izin.”

Kedepan, kata Sri dalam penyampaian LKPJ, guna mendukung kedudukan sebagai Ibukota dan Gerbang (gate away) Provinsi Jambi, terus memantapkan komitmen untuk mewujudkan sistim jaringan, sarana prasarana dan utilitas perkotaan yang merata dan terintegrasi, serta didukung oleh kondisi lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Selanjutnya, apa yang telah disampaikan Pj Wali Kota Sri Purwaningsih akan dilanjutkan tentang tanggapan Fraksi-fraksi terhadap LKPJ Wali Kota Jambi TA. 2023. (LA)

 

0 Komentar

"/>
"/>

Advertisement

Cari Berita Anda Disini

Close